Humbahas (SIB)

Sejumlah dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk mengedukasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah tentang Keripik dan Ulos di Desa Purba Dolok, Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Rabu (30/11).

Hadir dalam kegiatan itu, Dekan FE Joan Berlin SSi MM, Pembantu Dekan I, Hotlan Purba SE MM, Pembantu Dekan II, Delviana RW Sihombing SE MSi, Pembantu Dekan III, Leonard Sinaga SE MM, Ketua Program Studi Rosalinda Sitompul SE MM, Sekretaris Program Studi, Nurlinawati Simanjuntak SE MM, Pembantu Rektor II, Herta Manurung SE MM, Pembantu Rektor III, Hotlin Siregar SE MM, Rolan S Sihaloho SE MM, Niarita Bukit SE MM dan beberapa mahasiswa FE UNITA.

Ketua Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sisingamangaraja XII, Rosalinda Sitompul mengatakan, tujuan kegiatan PKM itu adalah untuk memberikan pemahaman, edukasi serta pendampingan kepada masyarakat mengembangkan produk UMKM yang ada di daerah itu.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam sebuah usaha industri rumah tangga, sangat dibutuhkan sebuah manajemen yang baik agar membuahkan hasil yang maksimal, yaitu mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan hingga pengendalian.

“Untuk menjalankan sebuah usaha, kita harus mengetahui dan memiliki manajemen yang baik agar semua kegiatan yang dijalankan bisa berjalan dengan semestinya,” ucapnya.

Selain manajemen, dalam kesempatan itu juga dijelaskan bagaimana mendapatkan modal usaha. Materi itu disampaikan oleh Pembantu Rektor II UNITA, Herta Manurung, yang mengatakan, bahwa permodalan usaha bukan hanya berupa uang melainkan tujuan utama dari didirikannya usaha tersebut.

“Yang pertama dalam membuka usaha adalah apa tujuan dari usaha tersebut. Setelah itu baru langkah-langkah apa yang harus kita tempuh untuk mencapai tujuan tersebut, antara lain, modal, pengembangan usaha, dan ketika ada kesulitan keuangan (finansial destress),” imbuhnya.

Sementara itu, Dekan FE UNITA Joan Berlin Damanik dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa mutu mahasiswa dan alumni UNITA tidak kalah saing dengan universitas-universitas yang ada di Indonesia. Kata dia, sudah banyak alumni UNITA yang sudah bekerja di pemerintahan maupun di perusahaan-perusahaan terkenal di Indonesia. “Marilah kita kejar ilmu, baik muda maupun tua, karena pendidikan tidak mengenal usia,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Purba Dolok, Frits Desmon Purba menyampaikan apresiasi dan terimakasih kasih kepada para dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNITA yang telah mau mengabdikan dirinya kepada masyarakatnya.

“Kami merasa bersyukur dan berterima kasih karena membawa informasi dan pembinaan untuk menambah wawasan masyarakat Desa Purba Dolok. Sekali lagi, atas nama masyarakat Desa Purba Dolok kami menyampaikan terimakasih. Dan semoga Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli semakin maju dan jaya,” pungkasnya.

FOTO BERSAMA: Dekan FE UNITA, Joan Berlin Damanik SSi MM bersama PR II Herta Manurung SE MM, PR III Hotlin Siregar SE MM, para dosen dan mahasiswa berfoto bersama dengan Kepala Desa Purba Dolok, Frits Desmon Purba, unsur perangkat desa serta perwakilan masyarakat usai acara PKM di Desa Purba Dolok, Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbahas, Rabu (30/11)
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
YouTube

Copyright 2019 @ FE-UNITA | Created by : @wandes.sia